Home » » Mutiara Hikmah Ma'ruf Al-Karkhi

Mutiara Hikmah Ma'ruf Al-Karkhi

Nama beliau adalah Abu Mahfuzh ma'ruf bin Fairuz Al-karkhi, Al-Karkhi adalah nama desa yang terletak di sebelah barat Bagdad, daerah ini terkenal dengan peristiwa-peristiwa berdarah di masa bani Bawaih.  beliau wafat pada tahun 200 H / 815 M. beliau termasuk tokoh guru besar, dikabulkan doanya, makamnya dijadikan wasilah untuk meminta kesembuhan kepada Allah. orang-orang Bagdad mengatakan "makamnya terkenal sebagai obat mujarab". beliau adalah guru Sariy As-Saqthi.
diceritakan bahwa ketika beliau sakit yang mengantarkan beliau pada kematiannya, "berwasiatlah!". "jika saya telah mati, sedekahkan gamis (pakaian) saya in. saya ingin keluar dari dunia sebagaimana saya masuk ke dunia ini dengan telanjang". diceritakan yang lain, suatu ketika beliau Ma'ruf Al-Karkhi melewati sebuah jalan dan bertemu seorang pemberi minuman yang mengatakan, " semga Allah mengasihi orang yang minum air ini" Maka beliau datang kepadanya dan meminumnya, padahal ia sedang berpuasa. lalu ditanyakan, "bukankah kamu berpuasa?". lalu beliau jawab "iya, tetapi saya menghrapkan keterkabulan doanya".

0 komentar:

Posting Komentar